//
you're reading...
BERITA

PATTIRO – KI Pusat Akan Susun Modul PSI yang Komprehensif

Sebagai bentuk keseriusan pelaksanaan keterbukaan informasi publik dan penyelesaian sengketa informasi secara profesional oleh Komisi Informasi (KI) Pusat dan KI Daerah, maka akan diterbitkan modul pelatihan penyelesaian sengketa informasi yang lebih komprehensif dari yang sudah ada. Untuk keperluan tersebut LSM Pattiro telah mempresentasikan draf modul pelatihan yang disiapkannya di hadapan para Komisioner KI Pusat di kantor KI Pusat Jakarta, Rabu (5/2). Sebelumnya, dengan dana Australian Aid, Pattiro sudah bekerja sama dengan KI Pusat dan Daerah lewat beberapa program.

Pada kesempatan presentasi tersebut dari pihak Pattiro hadir Bejo Untung, Ahmad Rafik, dan Feri Nariadi. Sedangkan dari KI Pusat hadir Ketua Abdulhamid Dipopramono, Wakil Ketua John Fresly, Komisioner Dyah Aryani, Evy Trisulo, Henny S Widyaningsih, Rumadi, dan Yhannu setiawan.

Menanggapi presentasi dari Pattiro, KI Pusat menginginkan agar modul didesain lebih komprehensif, mendalam, dan rinci karena selama ini KI Pusat telah memiliki modul serupa yang disusun atas kerja sama dengan MSI dan sudah diaplikasikan di beberapa daerah. Modul yang disusun diharapkan juga dimulai dari tahap paling awal dalam proses penyelesaian sengketa, seperti registrasi perkara, penanganan berkas, dan lain-lain, sampai tahap pasca-putusan.

Ketua KI Pusat mengakui bahwa praktik penyelesaian sengketa yang ada saat ini masih ada bolong-bolong di sana sini. Diharapkan setelah ada modul yang komprehensif, mendalam, dan rinci, disertai keterseduiaan SDM yang memadai maka penyelesaian perkara akan lebih profesional dan memuaskan semua pihak.

Komisioner Evy Trisulo lebih jauh mengatakan bahwa jika modul yang dibuat oleh Pattiro nanti lengkap dan baik, maka akan bisa menjadi acuan semua persidangan di KI, sebab menurut undang-undang, hukum acara penanganan sengketa di KI berbeda dengan yang ada di pengadilan pada umumnya. Bukan pidana tapi juga bukan perdata. “Jika modul yang dibuat Pattiro bagus, maka akan bisa menjadi acuan. Selanjutnya KI Pusat akan memberi lisensi kepada Pattiro untuk melakukan sertifikasi pada peserta pelatihan,” kata Evy.

Sumber: komisiinformasi.go.id

About CATI PATTIRO

Program AIPD CATI - PATTIRO

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

PENGUNJUNG

Flag Counter
%d bloggers like this: