//
you're reading...
BERITA

Komisi Informasi Papua Tinggal Menunggu Penetapan Gubernur

Natal dan tahun baru kali ini menjadi momen yang sangat istimewa bagi masyarakat Papua. Setelah melalui berbagai tahapan, akhirnya Komisi A DPR Provinsi Papua memilih lima anggota Komisi Informasi Provinsi setelah melalui uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test), Jumat, 27 Desember lalu. Kelima nama tersebut selanjutnya akan ditetapkan dalam rapat paripurna dalam waktu dekat ini. Sesuai dengan Pasal 32 ayat (3) Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP), selanjutnya akan ditetapkan oleh Gubernur. Demikian dilaporkan Koordinator Provinsi Program Community Access to Information PATTIRO Irwan Chalid di Jayapura.

Kelima nama anggota Komisi Informasi Papua tersebut adalah Nelson Hans Paiki, Andriani Wally, Armin, Petrus Yoram Mambai dan Joel Betuel Agaki Wanda. Selain itu terdapat dua nama cadangan yaitu Woff Justinus dan Slamet Riyadi Hawar.

Pembentukan Komisi Informasi Papua merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mendorong keterbukaan informasi sebagaimana dimandatkan oleh UU KIP. Sebelumnya Pemerintah Provinsi Papua juga telah menetapkan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) untuk melayani informasi kepada masyarakat. Keterbukaan informasi di Papua menjadi isu yang sangat penting karena sebagai provinsi yang menyandang status otonomi khusus pemerintah memiliki beban yang cukup berat dalam menjalankan pembangunan. “Dengan keterbukaan diharapkan terbuka peluang bagi publik untuk berpartisipasi, sehingga masyarakat dan pemerintah dapat menjalankan pembangunan bersama-sama. Komisi Informasi diharapkan dapat memberi banyak andil dalam mendorong keterbukaan tersebut,” ungkap Irwan.

About CATI PATTIRO

Program AIPD CATI - PATTIRO

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

PENGUNJUNG

Flag Counter
%d bloggers like this: