//
you're reading...
BERITA

Akses Informasi Berujung Kantor Desa yang Kokoh

Dari diskusi reguler tematik yang diselenggarakan PATTIRO di kantor desa Panda Kabupaten Bima, NTB pada 17 Juli 2013  semuanya bermula. Diskusi ini membahas tema penting “keterbukaan informasi pembangunan daerah”. Diskusi ini dihadiri oleh lebih dari 20 orang anggota Community Center dan perwakilan dari Jejaring Aktor Keterbukaan dan Bank Informasi Masyaraklat Bima (Jejak BIMA). Beberapa pertanyaan kritis muncul. Antara lain dari Sarinah, salah seorang anggota CC desa Panda. Sarinah menanyakan hal yang konkret terkait proses pembangunan kantor desa Panda yang mangkrak. “Setahu saya  pembangunan kantor desa ini sudah dianggarkan pada tahun 2012 di APBD dan sudah dikerjakan, tapi kenapa tidak selesai, siapa kontraktornya, mana besteknya dan Rencana Anggaran Belanja-nya? Saya lihat tidak ada papan informasi proyek dipasang di sini,” tanyanya berapi-api.

Tidak urung pertanyaan ini membuat forum diskusi tematik menjadi hidup dan sependapat dengan pertanyaan Sarinah. Forum meminta Sekretaris Desa Panda yang kebetulan hadir di dalam diskusi menjelaskan. Sayangnya Sekdes ini tidak bisa menjelaskan lebih detail karena merasa tidak mengetahui dan bukan kewenanganya menyampaikan. “Memang pembangunan kantor desa ini direncakan selesai di bulan Maret dan akan diresmikan oleh bapak Bupati, saya ingat bahwa pembangunan ini dikerjakan oleh CV Larata dan dikelola oleh Pemkab di Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Bima, sebagian ruangan sudah jadi namun kunci belum diserahkan oleh pihak kontraktor, ada baiknya ditanyakan kesana,” kata Sekdes Panda. Praktis beberapa ruangan yang ada tidak bisa dimanfaatkan keculai aula tempat dilaksanakannya diskusi. Atas saran itu disepakati pada akhir diskusi untuk menindaklanjuti dengan membuat surat permohonan informasi ke Bagian AP Setda Kabupaten Bima. Sarinah meminta bantuan Husen La Odet, Dinamisator Jejak Bima untuk membuatkan surat permohonan informasi.

Pada 18 Juli 2013, surat permohonan informasi dibuat, dan diantar oleh Husen ke Bagian AP.  Selang 4 hari, tepatnya 22 Juli 2013  Husen ditelpon oleh staff bagian AP  bahwa informasi berupa bestek dan RAB pembangunan kantor desa Panda  yang diminta sudah bisa diambil. Rupanya staff ini kesulitan untuk mengantar dokumen RAB ke pemohon  karena alamatnya sulit dicari. Husen bersama rekan jejak Bima lainnya meluncur ke tujuan. Dokumen RAB dan bestek diterima. Dokumen ini disampaikan ke CC Panda untuk dianalisis. Dari dokumen ini diketahui bahwa anggaran untuk pembangunan kantor desa ini sudah lebih dari cukup yakni sebesar Rp 199 juta. “Jika melihat jumlahnya seharusnya kantor desa ini sudah selesai dibangun, anggarannya sudah lebih dari cukup”, kata Husen kepada rekan rekan CC desa Panda. Informasi ini kemudian diteruskan ke Sekdes desa Panda untuk segera menagih CV Larata untuk menyelesaikan pekerjaanya dan meminta Bagian AP untuk menegur CV tersebut.

Tidak sampai seminggu respon dari bagian AP dan CV Larata diterima. Hal ini terbukti dengan dilanjutkannya pembangunan kantor desa ini terutama untuk pengerjaan plafond, pengecatan, pengangkutan timbunan tanah dan pemasangan kunci ruangan kerja staf desa.  Pada 1 Oktober 13, Kantor desa Panda terlihat kokoh dengan cat  putih bersih, menghadap utara persis di depan jalan desa Panda. Kini bangunan ini sudah dapat digunakan untuk pelayanan bagi warga desa. “Sekarang kami bisa merasakan pelayanan desa yang nyaman dan aman tidak panas dan tidak kehujanan lagi,” kata Sarinah seraya mengucap syukur atas perjuangan yang berbuah manis ini.

Laporan Pegiat CATI Bima Johansah

About CATI PATTIRO

Program AIPD CATI - PATTIRO

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

PENGUNJUNG

Flag Counter
%d bloggers like this: