//
you're reading...
LIPUTAN MEDIA

Jejak Bima Serahkan Poster Alur Permintaan Informasi

Jejaring Aktor (Jejak) Bank Informasi (Bima) menyerahkan poster tentang alur permintaan informasi publik kepada pejabat Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kabupaten Bima, Rabu (9/10). Penyerahan poster itu agar pemohon dan termohon informasi dapat memahami alur mendapatkannya serta menghindari kesalahpahaman.

Poster itu diserahkan oleh dinamisator Jejak Bima, Husain Laodet dan diterima oleh Kepala Dispenda Kabupaten Bima, Drs. H. Ridwan.

Dispenda akan memajang poster tersebut agar dapat dilihat semua pihak. Insiden yang sebelumnya terjadi terkait pemohon dari Pengurus Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Cabang Bima, diharapkan tidak terulang.

Husain mengatakan penyerahan poster ke Dispenda itu karena munculnya persoalan. Jejak Bima ingin ikutn mendorong keterbukaan informasi publik tersebut. “Antara pemohon dan termohon informasi harus dapat memahami bagaimana mekanisme mendaparkan data yang dibutuhkan,” katanya.

Dalam hal data, kata dia, ada yang sifatnya segera, berkala, dan dikecualikan. Sebaiknya saat mengajukan surat permohonan informasi, harus jelas tujuan dan materi yang diminta.

“Demikian juga dengan instansi yang dituju dapat memberi penjelasan awal ketika permohonan diajukan, sehingga saling memahami,” jelasnya.

Kepala Dispenda Kabupaten Bima, Drs. H. Ridwan, menyambut positif pemberian poster tersebut dan akan dipajang di dinas setempat. Poster itu bisa menjadi acuan bagaimana alur permohonan informasi. Meski demikian dalam hal data di Dispenda, tidak pernah tertutup dan kerap mahasiswa memintanya.

“Ada banyak mahasiswa yang menulis skripsi tentang pendapatan daerah, kami selalu memberi data, tidak pernah menutupi,” katanya.

Bahkan, kata dia, ketika mahasiswa yang mengajukan permohonan data untuk skripsi diberi penjelasan. Karena kadang berbeda yang diminta dan dibutuhkan. “Kami sangat terbuka dan welcome dengan Undang-Undang Keterbukaan Informasi. Kejadian kemarin hanya kesalahpahaman saja,” ungkapnya.

Pihak Dispenda, kata dia, sudah mengantarkan langsung data potensi PAD kepada pengurus IMM Cabang Bima. Namun, belum diketahui apakah data itu yang diinginkan atau lainnya. Karena surat yang diajukan, permintaannya masih bersifat umum. (pian)

Sumber: http://www.bimakini.com

About CATI PATTIRO

Program AIPD CATI - PATTIRO

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

PENGUNJUNG

Flag Counter
%d bloggers like this: