//
you're reading...
BERITA

Sengketa Informasi Nyangkut, KI Janji Tangani Oktober

Menandai peringatan Hari Hak Untuk Tahu Sedunia (International Right To Know Day), pada 28 September lalu organisai masyarakat sipil yang tergabung dalam JORMAS P3 NTT mengeluarkan data yang cukup mencengangkan. Sejumlah sengketa informasi yang telah hampir setahun didaftarkan ke Komisi Informasi Pusat (KIP) belum mendapatkan respons sama sekali. Sengketa didaftarkan karena beberapa dinas di lingkup pemerintah provinsi yang diminta informasinya tidak memberikan jawaban.  “Banyak dinas yang beralasan informasi tentang laporan keuangan termasuk ke dalam rahasia negara,” demikian JORMAS dalam rilisnya.

Menanggapi persoalan ini anggota KIP Yhanu Setiawan berjanji akan menindaklanjutinya. Menurutnya, proses penyelesaian sengketa di Provinsi NTT telah diagendakan Oktober mendatang. Keterlambatan ini menurutnya karena begitu banyak jumlah sengketa yang masuk ke KIP. Saat ini tercatat 557 perkara yang masih belum diselesaikan.

Berikut rincian jenis informasi yang disengketakan

No

Instansi

Informasi  yang diminta

Tanggal minta

Status

1

Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur 1.       Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA Tahun 2009 s/d 2012).2.       Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan informasi Dinas Kesehatan Provinsi NTT

16 jan ‘13

sengketa

2

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. DR. W. Z. Yohanes Kupang 1.       Profil RSUD meiputi jumlah dokter dan spesifikasinya, perawat, tenaga honor, dll.2.       Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan atau SOP Standar Operasonal Prosedur pelayanan Kesehatan.3.       Laporan keuangan tahun 2009-2012 yang telah diaudit.

4.       Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA Tahun 2009 s/d 2012).

5.        Daftar aset RSUD (bergerak dan tidak bergerak) terbaru.

16 jan ‘13

sengketa

3

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olaraga (PPO) Provinsi NTT 1.        Daftar penerima beasiswa pemerintah provinsi NTT meliputi nama dan jumlah yang diterima se Provinsi NTT Tahun Anggran 2009-2012.2.       Daftar jumlah penerima dana bansos dan hibah pendidikan meliputi nama dan jumlah yang diterima se Provinsi NTT Tahun Anggaran 2009-2012.3.       Data Pelaksana dan Pengelola program PLS serta dana yang dikelola Tahun Anggaran 2009-2012.

4.       Dokumen proposal dana hibah dan bansos bidang pendidikan yang diusulkan Dinas Pendidikan Tahun Anggaran 2009-2012.

5.       Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas PPO Tahun 2009 s/d 2012

6 feb ‘13

sengketa

4

Dinas Pekerjaan Umum Provinsi NTT 1.       Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA Tahun 2009 s/d 2012)

19 feb ‘13

sengketa

5

DPRD Provinsi NTT 1.       Dokumen laporan keuangan dan hasil kunjungan DPRD Provinsi NTT periode 2009 s/d 2012 meliputi jadual, agenda kunjungan, anggaran yang digunakan dan hasil kunjungannya2.       Daftar Peraturan Daerah (PERDA) yang dihasilkan kurun waktu Januari 2009 s/d 2012 baik perda inisiatif maupun usulan pemprov

19 feb ‘13

sengketa

6

Dinas Perumahan dan Tata Ruang Kota Kupang 1.       Dokumen bantuan perumahan Fatukoa meliputi dokumen administratif dan teknis.2.        Anggaran untuk program pengembangan Kota Hijau TA 2012 beserta rincian kegiatannya.3.       DPA tahun 2012

7 feb ‘13

sengketa

About CATI PATTIRO

Program AIPD CATI - PATTIRO

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

PENGUNJUNG

Flag Counter
%d bloggers like this: