//
you're reading...
LIPUTAN MEDIA

Wujud Terimakasih Warga, Dikirimi Beras dan Telur

Jejak Fasilitator CATI di Balik Pusat Informasi Warga

Berangkat dari persoalan keseharian saat berurusan dengan pemerintah, Pusat Informasi Masyarakat atau Community Center jaringan masyarakat sipil, kini eksis di beberapa desa Lombok Barat. Di balik eksistensi community center itu, ada jejak Nurjannah di sana.

Dalam konteks implementasi UU Keterbukaan Informasi Publik level penguatan masyarakat, Nurjannah hanya mengenal satu resep. Informasi yang diakses masyarakat dari badan publik pemerintah, haruslah dapat dikonversi menjadi manfaat langsung oleh warga.

Bagi Jannah, begitu Nurjannah karib disapa, dia tak menemukan pintu masuk yang lebih ampuh dari itu. Maka ketika dia memulai proses pendampingan community center di Desa Jagaraga, Kuripan, Gelogor, Jatisela, Kelompok Kader Bagek Polak dan Forum Kadus Sigerongan, dia menuai jalan mulus.

Di community center Kelompok Perempuan Maju Bersama di Jagaraga misalnya, Jannah dengan jeli melihat kebutuhan warga atas akses informasi terkait dengan pembuatan akta kelahiran di DInas kependudukan dan Catatan Sipil Lombok Barat.

Selama ini, warga di sana kesulitan mengakses dokumen itu. Jikapun bisa diakses, warga harus melalui calo. Tentu saja dengan segala kompensasi. Berbelit dan mahal. Padahal, dokumen itu harus ada agar anak-anak di desa itu dapat bersekolah. Kini, setelah akses informasi di community center itu berjalan, sebanyak 80 akta kelahiran bisa dibuat warga secara kolektif.

Sama halnya di Desa Kuripan. Warga di sana didampingi melayangkan akses permohonan informasi terkait juklak juknis Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di Dinas Kesehatan. Dari hasil ases itu, PMT yang biasanya diberikan dalam bentuk biskuit, sekarang diberikan dalam bentuk pengolahan makanan dalam bentuk bubur dan varian lainnya.

Begitulah Jannah. Dunianya kini memang tak lepas bergelut dengan aktivitas pendampingan pada warga. Dia mendapat sokongan tak terkira, ketika menjadi bagian dari Pusat Telaah Informasi Regional (PATTIRO). Di lembaga nirlaba mitra Australia-Indonesia Parnership for Decentralisation (AIPD) ini, Jannah menjadi Fasilitator Penguatan Masyarakat untuk Program Community Access to Information (CATI).

Menjadi bagian turut menyelesaikan sejumlah persoalan warga, memang sudah menjadi impian Jannah. Dia memupuk itu tatkala sudah mulai aktif dalam organisasi mahasiswa sejak menimba ilmu di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mataram. Dengan dunianya itu, Jannah bisa bergelut bersama warga dengan latar belakang macam-macam. Ada kader posyandu, buruh, para kepala dusun, dan lainnya.

Saat ini, fokus sejumlah community center itu kata dia adalah melakukan akses informasi terkait dengan anggaran. Menurutnya banyak persoalan warga yang berujung pada program dengan alokasi anggaran yang kecil. Atau bahkan tidak tepat sasaran.

Fokus ke arah anggaran ini kata dia untuk memastikan bahwa warga juga melakukan perubahan tidak hanya di tingkat community center semata. “Tapi juga masyarakat luas. Hal itu bisa terpenuhi dengan mengetahui dokumen anggaran dan bisa menjadi alat untuk melakukan advokasi bersama,” kata Jannah.

Kini sejumlah community center itu eksis, Jannah kerap ketiban rezeki tak terduga. Kadang-kadang dia mendapat kiriman beras. Kadang di rumahnya datang juga kiriman telur. Kiriman-kiriman itu, rupanya datang dari masyarakat di community center yang turut dia dampingi. Begitulah cara warga berterimakasih.

“Sebetulnya kan kita tidak mau. Tapi dikirimi terus. Ya sudah, akhrinya yang dikirim-dikirim itu dibagi-bagi juga kepada rekan-rekan yang lain,” kata Hendriardi, Koordinator Provinsi PATTIRO NTB, yang juga kerap dapat bagian dari kiriman wujud terimakasih warga melalui Jannah itu.

Sumber : Lombok Post

About CATI PATTIRO

Program AIPD CATI - PATTIRO

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

PENGUNJUNG

Flag Counter
%d bloggers like this: