//
you're reading...
BERITA

Pertanyakan Informasi Tentang Tarif Angkutan, Kelompok Masyarakat Flores Timur Berdialog dengan Bupati

Kelompok Masyarakat Forum Peduli Flotim saat beraudiensi dengan Bupati

Kelompok Masyarakat Forum Peduli Flotim saat beraudiensi dengan Bupati

Berawal dari kegelisahan masyarakat Kabupaten Flores Timur terkait tarif angkutan yang dirasa sangat membebani, Community Center Forum Peduli Flotim melakukan permintaan informasi ke Dishubkominfo. Dishubkominfo kemudian memberikan informasi berupa surat ketetapan tentang tarif angkutan yang baru pasca kenaikan harga bahan bakar minyak. Berdasar data inilah, kemudian masyarakat menemukan ketidakcocokan antara tarif yang ditetapkan dengan tarif yang dikenakan oleh pengelola angkutan.

Tarif angkutan Larantuka misalnya. Dalam ketetapan diputuskan harga Rp 3.500 untuk dewasa dan Rp1.500 untuk anak-anak dan pelajar. Namun kenyataannya di lapangan, pemilik angkutan mengenakannya lebih tinggi, yakni Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak dan pelajar. Bahkan penumpang dikenakan tarif tambahan Rp 1.000 jika membawa barang.

Atas dasar itulah Forum berinisiatif untuk beraudiensi dengan Bupati, untuk memperjelas ketegasan peraturan tersebut. Forum diterima langsung oleh Bupati Flores Timur Lagadoni Herin bersama jajaran dari Dishubkominfo.

Dalam pertemuan tersebut Forum mendesak pemerintah melakukan sosialisasi tentang penetapan tarif agar diketahui publik secara luas. Selain ltu Forum juga mendesak Bupati untuk tegas dan konsisten dengan ketetapan yang diambil untuk dipatuhi pengelola angkutan.

Menanggapi keluhan tersebut Bupati memberikan instruksi langsung kepada Kepala Dishubkominfo untuk terus melakukan pengawasan agar tidak Iagi terjadi kondisi seperti pengeluhan saat ini. Sementara itu publikasi informasi terkait sejumlah kebijakan pemda termasuk tarif, disampaikanya agar pemkab terus melakukan sosialisasi sambil mencari metode publikasi yang paling baik. Langkah awal akan dilakukan pemasangan stiker tarif angkutan sesuai dengan ketetapan pemerintah daerah, supaya masyarakat tahu biaya tarif angkutan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah Daerah.

About CATI PATTIRO

Program AIPD CATI - PATTIRO

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

PENGUNJUNG

Flag Counter
%d bloggers like this: