//
you're reading...
BERITA

Gerakan Permintaan Informasi Kelompok Perempuan Jagaraga

Bermula dari keinginan untuk mengetahui tentang persyaratan pendaftaran siswa baru, kelompok perempuan Setia Kawan desa Jagaraga kini menjadi gerakan permintaan informasi. Setelah melakukan permintaan informasi ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) selanjutnya mereka melakukan hal yang sama ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Mereka mempertanyakan tentang persyaratan pembuatan akta kelahiran, termasuk persyaratan bagi anak yang usianya sudah di atas satu tahun.

Diskusi dan pembagian dokumen tentang persyaratan pembuatan akta kelahiran di Dusun Bermi Kuripan Desa Jagaraga

Diskusi dan pembagian dokumen tentang persyaratan pembuatan akta kelahiran di Dusun Bermi Kuripan Desa Jagaraga

Sebagaimana dituturkan Fasilitator Penguatan Masyarakat Program CATI Lombok Barat Nurjanah, permintaan informasi dilakukan pada 9 April 2013, diwakili oleh Sainah. Kelompok diterima langsung oleh pihak Dukcapil yang dalam hal itu diwakili oleh L. Suherman. Pada saat itu juga, permintaan informasi dikabulkan.

Diskusi dan pembagian dokumen tentang persyaratan pembuatan akta kelahiran di Dusun Karang Bucu Desa Jagaraga

Diskusi dan pembagian dokumen tentang persyaratan pembuatan akta kelahiran di Dusun Karang Bucu Desa Jagaraga

Setelah dokumen diterima, kelompok langsung menggandakan dan membagikannya kepada seluruh anggota. “Dari seluruh informasi yang ada, ada informasi yang kami anggap penting, yaitu tentang adanya kebijakan daerah bahwa persyaratan buku nikah boleh diganti dengan surat keterangan nikah dari kelurahan khusus bagi pengurusan akta anak berusia di bawah satu tahun,” demikian dituturkan Nurjanah. Namun demikian, buku nikah tetap penting sehingga diharapkan anggota kelompok harus memilikinya.

Pada saat pembagian dokumen, anggota kelompok langsung melakukan pendataan kepada warga yang belum memiliki buku nikah dan kepada yang anaknya belum memiliki akta kelahiran. Selain untuk mengetahui jumlah, pendataan ini juga dimaksudkan untuk membangun proses advokasi lanjutan, dengan melakukan sinergi dengan kelompok warga lain yang memiliki persoalan yang sama. Dengan sinergi ini diharapkan akan muncul gerakan bersama yang lebih besar.

Gerakan permintaan informasi kelompok perempuan Setia Kawan tidak akan berhenti sampai di sini. Selanjutnya, mereka akan menuju Peradilan Agama Giri Menang Lombok Barat untuk meminta informasi berkaitan dengan persyaratan pengajuan untuk mendapatkan dokumen nikah resmi.

About CATI PATTIRO

Program AIPD CATI - PATTIRO

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

PENGUNJUNG

Flag Counter
%d bloggers like this: