//
you're reading...
LIPUTAN MEDIA

Pemprov Papua Bentuk Tim Seleksi KIP

kantor gubernur papuaJAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua membentuk tim seleksi untuk merekrut anggota Komisi Informasi Publik (KIP). Dimana tim seleksi itu diketuai oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Setda Provinsi Papua, Drs. Elieser Renmaur.

Kepala Dinas Pengelolaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (DPTIK) Provinsi Papua, Kansiana Salle, SH kepada wartawan di Jayapura, Selasa (26/2), mengatakan, dalam rangka keterbukaan informasi publik, salah satunya pemerintah sudah lebih dulu membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan sekarang pemerintah juga akan membentuk Komisi Informasi Publik. KIP ini harus diseleksi, maka terbentuklah tim seleksi yang diketuai oleh Asisten I Sekda Papua.

Dia menjelaskan, tim seleksi ke depannya akan melakukan persiapan-persiapan atau kerangka kerja, dalam rangka untuk menyeleksi anggota-anggota yang akan duduk di Komisi Informasi Publik.

“Tim seleksi dari pemerintahan itu Ketuanya Aisten I Elieser Renmaur, Wakil Ketua Karo Hukum Rosianan Upesy, dan Perguruan Tinggi Agustinus Salle serta dari Media Komunitas Perempuan Anike Fonataba dan Viktor Mambor dari Komisi Informasi Pusat. Jadi memang harus ada salah satu orang yang dipilih oleh Komisi Informasi Publik,” jelasnya.

Saat ditanya soal apakah hadirnya KIP tidak bertabrakan dengan tugas PPID, kata Kansiana, tidak, karena KIP bentuknya komisi. Jadi keterbukaan informasi, masyarakat memiliki hak untuk mendapatkan informasi, sehingga apabila hal-hal penyelenggaraan pemerintahan ada yang tidak respon oleh pemerintah bisa dilaporkan ke wadah informasi ini.

“Artinya, jika masyarakat tidak mendapat pelayanan dari pelayan publik, itu bisa dilaporkan ke Komisi Informasi Publik, karena komisi ini adalah wadahnya,” ujarnya.

Sementara mengenai kapan proses seleksi akan dilakukan, kata Kansiana Salle, saat ini panitia seleksi masih akan melakukan rapat dan membuat kerangka kerja, tetapi nanti pengumuman seleksi akan diumumkan melalui media. “Pemilihannya akan transparan, jadi memang KIP harus segera terbentu,” katanya. (lam)

Sumber: Harian Cenderawasih Pos Edisi 27 Februari 2013

About CATI PATTIRO

Program AIPD CATI - PATTIRO

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

PENGUNJUNG

Flag Counter
%d bloggers like this: