//
you're reading...
BERITA

Semangat Membuka Diri Pemerintah Keerom

Bahwa fajar selalu terbit dari timur, siapapun tidak dapat menyangkal. Bahwa geliat keterbukaan informasi muncul dari wilayah Indonesia paling timur, itu juga sebuah kenyataan.

Paling tidak itulah yang ditunjukkan oleh Pemerintah Kabupaten Keerom Provinsi Papua. Kabupaten yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Papua New Guinea itu telah memiliki Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang diangkat melalui SK Bupati No. 105 tanggal 28 November 2012.

Meskipun keberadaan PPID tidak serta merta menyebabkan keterbukaan informasi berlangsung secara maksimal, namun paling tidak pengangkatan PPID merupakan bentuk komitmen untuk membuka diri kepada publik.

Semangat keterbukaan sudah muncul pada proses-proses yang mengiringi penerbitan SK pengangkatan PPID. Pada saat diselenggarakan lokakarya internal di lingkup SKPD tentang pendalaman materi tentang UU Keterbukaan Informasi Publik misalnya, terjadi diskusi yang sangat dinamis. Satu pendapat dengan pendapat lain saling bersahutan, berbagai pertanyaan kritis juga bermunculan. Suasana dinamis ini mencerminkan kehendak mereka yang kuat untuk benar-benar menjalankan mandat keterbukaan informasi.

Demikian juga ketika tim fasilitator CATI mengusulkan inisiatif kepada tim perumus dari Dinas Komunikasi dan Informatika serta BAPPEDA untuk secara intensif melakukan diskusi, respon mereka selalu posiif. Diskusi-diskusi pendalaman juga mereka ikuti dengan serius, tidak pernah sekalipun terdengar kata bernada keluhan. Gurat semangat di wajah tim perumus tidak juga luruh hingga tersusun draf SK. Respons bupati juga sangat positif. Proses review dan perbaikan tidak memakan waktu lama.

Mudah-mudahan semangat ini akan terus dipertahankan hingga praktik keterbukaan informasi benar-benar dapat dijalankan.

About CATI PATTIRO

Program AIPD CATI - PATTIRO

Discussion

3 thoughts on “Semangat Membuka Diri Pemerintah Keerom

  1. Mantab, salut untuk pembud Keerom…

    Posted by Aquino | February 7, 2013, 6:47 am
  2. Selamat untuk teman2 yang telah berhasil melakukan advokasi di papua

    Posted by hanif | February 7, 2013, 9:39 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

PENGUNJUNG

Flag Counter
%d bloggers like this: