//
you're reading...
LIPUTAN MEDIA

PATTIRO Dorong Transparansi Informasi di Flotim

Untuk menciptakan transparansi informasi terutama berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran pelayanan publik maka Pusat Telaah dan Informasi Regional (PATTIRO) menyelenggarakan kegiatan seminar dan lokakarya di Aula Setda Flotim, Selasa (20/11).

Selain mendorong terciptanya transparansi, kegiatan itu juga bermaksud membentuk pejabat pengelola informasi dan dokumentasi di provinsi dan kabupaten.

Ketua panitia penyelenggara, Vero Lamahoda dalam laporan panitia menyebut, kegiatan tersebut terselenggara berkat program Australia Indonesia untuk Desentralisasi (AIPD). Program kerjasama kedua negara itu, sebutnya, untuk peningkatan kinerja pemerintah daerah dalam rangka layanan publik.
Dukungan yang diberikan oleh AIPD mencakup tiga aspek yakni mendorong terciptanya pemerintah yang responsif, mendorong terbangunnya masyarakat sipil yang aktif dan mendorong terciptanya pengelolaan pengetahuan dan informasi.

Untuk tahap pertama di NTT, kegiatan dilaksanakan di empat kabupaten yakni Sumbawa Barat Daya, Ngada, Flotim dan TTS. Bupati Flores Timur, Yoseph Lagadoni Herin dalam sambutannya ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan, sejak menjabat sebagai wakil bupati Flores Timur, ia sudah memiliki mimpi untuk membangun sistem komunikasi yang transparan. Sistem tersebut, sebutnya, membuat masyarakat dengan mudah mengakses segala sesuatu yang dibuat oleh pemerintah. “Kita ini pelayan yang kerja untuk masyarakat dan masyarakat harus tahu apa yang kita kerjakan,” katanya.

Yonis menyebut, pihaknya ingin agar keterbukaan informasi publik di Kabupaten Flores Timur menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya di Indonesia. Menurutnya, direncanakan semua informasi dari setiap SKPD maupun kecamatan akan masuk ke satu unit yang menjadi pusat data dan informasi. “Di sana informasinya bisa diakses oleh publik,” sebutnya.

Kegiatan tersebut diikuti 56 peserta. Sebagian besarnya merupakan utusan dari SKPD Kabupaten Flores Timur. Seminar tersebut menghadirkan tiga orang pembicara yakni Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Freddy Tulung, PATTIRO NTT Agus Yahya dan Sekda Flotim Anton Tonce Matutina.

Sumber: Harian Timor Express edisi 21 November 2012

About CATI PATTIRO

Program AIPD CATI - PATTIRO

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Twitter Updates

PENGUNJUNG

Flag Counter
%d bloggers like this: